SHIKOKU

All About SHIKOKU!!!
 
HomePortalCalendarFAQSearchMemberlistUsergroupsRegisterLog in
Log in
Username:
Password:
Log in automatically: 
:: I forgot my password
Who is online?
In total there is 1 user online :: 0 Registered, 0 Hidden and 1 Guest

None

Most users ever online was 21 on Wed May 12, 2010 10:25 am
Latest topics
» Prada Belt on sale
by cangliang Thu Jan 24, 2013 7:46 am

» Prada Belt on sale
by cangliang Thu Jan 24, 2013 7:45 am

» Gucci New Arrivals
by cangliang Thu Jan 24, 2013 7:44 am

» Gucci-Kollektion von Accessoires
by cangliang Mon Jan 21, 2013 9:35 am

» Gucci Belts On Sale[
by cangliang Mon Jan 21, 2013 9:34 am

» Gucci Belts On Sale
by cangliang Mon Jan 21, 2013 9:32 am

» Günstige Chanel Handtaschen Frauen
by cangliang Wed Jan 16, 2013 8:18 am

» Hermes Evelyn[
by cangliang Wed Jan 16, 2013 8:17 am

» Hermes Bag 2011
by cangliang Wed Jan 16, 2013 8:16 am

Navigation
 Portal
 Index
 Memberlist
 Profile
 FAQ
 Search
Affiliates
free forum
Follow us on TwitterNiji Lima - Ganbarimashou!Clamp-factoryOuran Indo
Azure Life
Al'loggio: Yaoi Daily Life Roleplaying Forum
yami no sekaiImage Hosted by ImageShack.us
Celestial
 

Share | 
 

 Kata Sifat

View previous topic View next topic Go down 
AuthorMessage
Naoe
IT Staff


Posts : 390
Join date : 2009-08-04
Age : 24
Location : パソコンの前

PostSubject: Kata Sifat   Wed Aug 19, 2009 7:43 pm

Kata sifat dalam Bahasa Jepang dibagi menjadi dua jenis, yaitu kata sifat -na dan kata sifat -i, untuk definisinya mungkin bisa anda tebak sendiri.

Untuk dikonjugasikan dengan kata benda, cukup dengan menempelkannya sebelum kata benda.

contoh:
kireina hito (orang yg cantik) --> kata sifat -na
atarashii kuruma (mobil baru) --> kata sifat -i
takai sora (langit yg tinggi) --> kata sifat -i

Kata Sifat -na
Untuk kata sifat -na, bentuk negatifnya cukup mudah dibuat. Caranya cukup menghilangkan bunyi -na di belakangnya dan menggantinya dengan -janai.

contoh:
sukina --> sukina + janai --> sukijanai
kireina --> kireina + janai --> kireijanai
bakana --> bakana + janai --> bakajanai

Untuk membuat bentuk lampau dan negatif lampau dari kata sifat -na, sama seperti yg telah dijelaskan di thread lain (Membentuk Kalimat Deklaratif dan Kalimat Negatif). Dan jangan lupa untuk menghilangkan terlebih dahulu bunyi na-nya sebelum diubah menjadi bentuk negatif, lampau, atau negatif lampau.

Kata kerja -na juga bisa dibentuk dari serangkaian frase dengan cukup menambahkan -na di belakangnya.

contoh:
doudemoii hanashi ni nattana hanashi (cerita yg jadi cerita gak penting) --> gak kepikiran contoh yg lain, jadi saya pake contoh yg aneh ini.

Kata Sifat -i
Untuk kata sifat -i, cara membuat bentuk negatifnya yaitu dengan mengganti bunyi -i dibelakanganya menjadi -kunai

contoh:
takai --> takai + kunai --> takakunai (takai=tinggi/mahal)
yowai --> yowai + kunai --> yowakunai (yowai=lemah)
hayai --> hayai + kunai --> hayakunai (hayai=cepat)

Untuk bentuk lampaunya, cukup mengubah bunyi i-nya menjadi -katta.

contoh:
takai --> takai + katta --> takakatta
yowai --> yowai + katta --> yowakatta
hayai --> hayai + katta --> hayakatta

Untuk bentuk negatif lampaunya, caranya dengan mengubah bunyi -i pada bentuk negatifnya dengan -katta.

contoh:
takakunai --> takakunai + katta --> takakunakatta
yowakunai --> yowakunai + katta --> yowakunakatta
hayakunai --> hayakunai + katta --> hayakunakatta

Ada satu kata sifat -i yg masuk pengecualian, yaitu "ii"(baik). Untuk mengubahnya menjadi bentuk negatif, lampau, dan negatif lampau, kita harus mengubah "ii" menjadi "yoi" terlebih dahulu, baru kita dapat memperlakukannya seperti kata sifat -i yg lain. Kenapa? Karena "yoi" merupakan bentuk asal dari kata sifat "ii". Namun seiring waktu (dan entah mengapa), "yoi" berubah menjad "ii", dan sialnya bentuk perubahan kata sifat "ii" masih diturunkan dari "yoi".

ii --> yoi + kunai --> yokunai
ii --> yoi + katta --> yokatta
yokunai --> yokunai + katta --> yokunakatta

contoh:
kakkoii --> kakkoyokunai
--> kakkoyokatta
--> kakkoyokunakatta

capek euy...
Back to top Go down
View user profile
Tama



Posts : 68
Join date : 2009-06-13
Age : 23
Location : daiGOnoKoukou

PostSubject: Re: Kata Sifat   Wed Aug 19, 2009 7:48 pm

doumo arigatou,
ilmu kebahasaan saya jadi bertambah!!

(alah~ bahasanya)

bisa rekues? bagaimana cara menghapalkan kanji dengan mudah, karena saya selalu kesulitan pas jawab soal-soal jepang yg bagian kanji... selalu aja lupaa~ >,<v
Back to top Go down
View user profile
Naoe
IT Staff


Posts : 390
Join date : 2009-08-04
Age : 24
Location : パソコンの前

PostSubject: Re: Kata Sifat   Wed Aug 19, 2009 7:50 pm

hmm... klo saya sih pake program pembantu pengingat di komputer...
namanya Mnemosyne.
Back to top Go down
View user profile
Tama



Posts : 68
Join date : 2009-06-13
Age : 23
Location : daiGOnoKoukou

PostSubject: Re: Kata Sifat   Wed Aug 19, 2009 7:51 pm

hhah?
nani sore?? program apaan tuh?
Back to top Go down
View user profile
Naoe
IT Staff


Posts : 390
Join date : 2009-08-04
Age : 24
Location : パソコンの前

PostSubject: Re: Kata Sifat   Wed Aug 19, 2009 7:53 pm

Ntar tak masukin di tempat donlot-donlot deh...
sabar ya!
Back to top Go down
View user profile
Tama



Posts : 68
Join date : 2009-06-13
Age : 23
Location : daiGOnoKoukou

PostSubject: Re: Kata Sifat   Wed Aug 19, 2009 7:56 pm

wai arigatou gozaimasu!

okay back to kata sifat,
er.. apa ya?
saya suka lupa-lupa ingat sama vocab kt.sifat.. ckckck (tpi nggak separah kanji)
Back to top Go down
View user profile
Sponsored content




PostSubject: Re: Kata Sifat   Today at 8:57 am

Back to top Go down
 
Kata Sifat
View previous topic View next topic Back to top 
Page 1 of 1

Permissions in this forum:You cannot reply to topics in this forum
SHIKOKU :: Nihongo Section :: Nihongo Jikoshoukai-
Jump to: