SHIKOKU

All About SHIKOKU!!!
 
HomePortalCalendarFAQSearchMemberlistUsergroupsRegisterLog in
Log in
Username:
Password:
Log in automatically: 
:: I forgot my password
Who is online?
In total there is 1 user online :: 0 Registered, 0 Hidden and 1 Guest

None

Most users ever online was 21 on Wed May 12, 2010 10:25 am
Latest topics
» Prada Belt on sale
by cangliang Thu Jan 24, 2013 7:46 am

» Prada Belt on sale
by cangliang Thu Jan 24, 2013 7:45 am

» Gucci New Arrivals
by cangliang Thu Jan 24, 2013 7:44 am

» Gucci-Kollektion von Accessoires
by cangliang Mon Jan 21, 2013 9:35 am

» Gucci Belts On Sale[
by cangliang Mon Jan 21, 2013 9:34 am

» Gucci Belts On Sale
by cangliang Mon Jan 21, 2013 9:32 am

» Günstige Chanel Handtaschen Frauen
by cangliang Wed Jan 16, 2013 8:18 am

» Hermes Evelyn[
by cangliang Wed Jan 16, 2013 8:17 am

» Hermes Bag 2011
by cangliang Wed Jan 16, 2013 8:16 am

Navigation
 Portal
 Index
 Memberlist
 Profile
 FAQ
 Search
Affiliates
free forum
Follow us on TwitterNiji Lima - Ganbarimashou!Clamp-factoryOuran Indo
Azure Life
Al'loggio: Yaoi Daily Life Roleplaying Forum
yami no sekaiImage Hosted by ImageShack.us
Celestial
 

Share | 
 

 Partikel (mungkin bagian awal)

View previous topic View next topic Go down 
AuthorMessage
Naoe
IT Staff


Posts : 390
Join date : 2009-08-04
Age : 24
Location : パソコンの前

PostSubject: Partikel (mungkin bagian awal)   Sat Aug 08, 2009 9:36 pm

Lanjut dari postingan sebelumnya bang...

Yang paling penting di bahasa Jepang: partikel! Klo gak ada partikel, kata-kata dalam kalimat bakal gak jelas posisinya.

Partikel 'ha'
Meskipun ditulis pake hiragana ha, tapi klo sebagai partikel dibaca 'wa'. Kata yg diakhiri pake partikel 'ha' menjadi topik dari kalimat.

contoh:
Ore wa Lolicon da! (Saya adalah seorang Lolicon!) --> bercanda bung!
Kore wa Pasokon. (Ini sebuah PC.)

Partikel 'mo'
Partikel 'mo' digunakan untuk mengangkat topik yang sama di kalimat yang berbeda, klo di-Indonesia-kan kurang lebih artinya "juga"

contoh:
Ore wa Lolicon. Kare mo Lolicon. (Saya Lolicon. Dia juga Lolicon) --> tte, hoka no hito mo iru no ka?
Kore wa Pasokon. Are mo Pasokon. (Ini sebuah PC. Yang itu juga sebuah PC.)

Partikel 'wo'
Ditulis pake hiragana wo, tapi dibaca 'o'. Pada kenyataanya, rasa-rasanya gak ada fungsi lain dari hiragana wo selain sebagai partikel...
Kata yg diakhiri partikel wo menjadi sebuah objek penderita dari sebuah kata kerja.

contoh:
Naoe o korosu. (Membunuh Naoe.) --> TASUKETEKUREEEEE!!!
Kare o mita. (Melihat dia.)

Partikel 'ga'
Partikel 'ga' punya kemiripan dengan partikel 'ha', bahkan bisa saling menggantikan. Penjelasannya mungkin akan lebih mudah klo dijelasin pake contoh:

Dare ga Lolicon? (Siapa yg Lolicon)
Naoe ga Lolicon. (Naoe adalah yg Lolicon) --> tte, janee yo!!!

bedakan dengan:

Lolicon wa dare? (Lolicon (itu) siapa?)
Naoe wa Lolicon. (Naoe itu Lolicon.) --> tte, janee to itta darou ga!!!

Di contoh 1, dengan adanya partikel 'ga', kalimat tanyanya jadi bertujuan mencari siapa yang seorang Lolicon (mencari objeknya secara kongkrit), atau istilahnya mengidentifikasi siapa yang Lolicon. Dari pertanyaan ini timbul pengertian bahwa sebelumnya sudah ada topik yg diangkat, dan pertanyaan ini digunakan untuk pengidentifikasian objek dari topik sebelumnya. Sedangkan di contoh 2, selain bertanya, juga mengangkat topik baru. Jadi timbul kesan seakan-akan ada orang yang datang entah dari mana lalu tiba-tiba bertanya "Lolicon (itu) siapa?". Kesimpulannya adalah partikel 'ha' berguna untuk mengangkat topik baru, sedangkan partikel 'ga' digunakan untuk mengidentifikasi sesuatu. Mungkin awalnya gak begitu jelas perbedaanya, tapi klo sering-sering latihan pasti bakal kerasa bedanya partikel 'ha' dan partikel 'ga'.

Sebenernya sih masih ada partikel lain, tapi udahan dulu aja deh sampe sini. Di Bahasa Jepang justru bagian ini (baca:awal-awal) yg paling susah. Tapi begitu bagian ini lancar, dijamin bagian lainnya bakal ecek-ecek (gak juga sih...). Lagian klo sekali telen semua kan pasti bakal mual-mual...


Partikel 'ni'
Partikel 'ni' dipakai untuk menunjukkan 'target' suatu kata kerja. Berbeda dengan partikel 'wo' di mana kata kerja melakukan sesuatu terhadap objek, partikel 'ni' memberikan arti bahwa kata kerja melakukan sesuatu menuju kata di sebelum partikel 'ni'.

cara paling mudah untuk mengerti adalah dengan contoh:

Chanto benkyou suru kara, ore wa tensai ni natta (Karena saya belajar dengan baik, saya menjadi jenius. --> jenius menjadi target dari kata kerja 'menjadi')

*natta = bentuk lampau 'naru', yg berarti 'menjadi'.*

Gakkou ni iku. (Pergi ke sekolah. --> sekolah menjadi target dari kata kerja 'pergi')

Jika yg di depan partikel 'ni' merupakan ukuran suatu waktu, maka fungsinya kurang lebih untuk menekankan dan memberikan keterangan waktu secara kongkrit.

contoh:
ichijikan ni geemu o suru kara, tsukareta ni natta. (Karena bermain game selama satu jam, jadi kelelahan.)

Ada satu kata kerja yg cukup unik klo digabungkan dengan partikel ni, yaitu kata kerja 'suru'. yang berarti 'melakukan'. Klo melihat pola di atas, "ni suru" mungkin akan berarti "melakukan sesuatu terhadap sesuatu". Tapi sayangnya itu salah. Yang benar artinya kurang lebih menjadi "memilih sesuatu". Dan sepertinya akan lebih mudah klo diberi contoh:

Tonkatsu ramen ni shimasu. (Saya memilih/pesan tonkatsu ramen.)

Klo diterjemahkan secara literal, artinya menjadi "Melakukan menuju ke tonkatsu ramen". Mungkin kedengarannya aneh, tapi ya beginilah cara berpikir orang Jepang dalam berbahasa, Yg membuatnya aneh mungkin karena dalam Bahasa Indonesia kita cukup mengatakan "Saya pilih..." untuk memilih sesuatu.


Partikel 'he'
Ditulis pake hiragana 'he' tapi dibaca 'e'. Fungsinya untuk menyatakan arah. Sedikit ada kemiripan dengan partikel 'ni'. Yg membedakan adalah pemberian kesannya.

Contoh:
Eki ni iku (Pergi ke stasiun.)
Eki e iku (Pergi menuju ke arah stasiun.)

Pada contoh 1, dengan adanya partikel 'ni', stasiun menjadi tujuan yg pasti dari suatu gerakan. Sedangkan pada contoh 2 , dengan adanya partikel 'he', kesan yg ditimbulkan hanyalah sekedar menunjukan bahwa gerakan tersebut sekedar melewati arah stasiun. Kesimpulannya, partikel 'ni' menunjukkan secara kongkrit suatu tujuan, sedangkan partikel 'he' hanya memberikan kesan yg bias akan suatu tujuan (belum pasti).

Contoh lain:
Mirai e mukou. (Menyongsong masa depan.) --> lit: Menuju ke arah masa depan.

Di sini jadi cukup jelas penggunaan partikel 'he', karena dengan partikel 'he' memberikan kesan masa depan yang masih bias (penuh misteri kehidupan), bukan suatu masa depan yg pasti.



Partikel 'to'
Partikel 'to' digunakan untuk menggabungkan beberapa kata benda menjadi satu, klo dalam Bahasa Indonesia bisa diartikan seperti kata hubung 'dan'.

contoh:
neko to inu. (kucing dan anjing)
pen to enpitsu ga mottenai? (Apakah kamu membawa pulpen dan pensil?)

Partikel 'ya'
Partikel 'ya' memiliki fungsi yg kurang lebih sama dengan partikel 'to'. Bedanya ialah partikel 'ya' digunakan untuk menyebutkan beberapa kata benda yg merepresentasikan keseluruhan kelompok benda, jadi partikel 'ya' digunakan untuk memberikan gambaran akan sesuatu dengan cara menyebutkan beberapa kata benda.

contoh:
pen ya enpitsu ya, mottenai? (Apakah kamu membawa pensil atau pulpen?)

Dari contoh di atas bisa dilihat bahwa dengan partikel 'ya', pensil dan pulpen menjadi benda yg digunakan untuk merepresentasikan kelompok benda, yaitu alat tulis.

contoh 2:
Naoe ya Lacrimosa ya aru kara, kono forumu wa VN komyunichi ni natta.
(Karena ada orang seperti Naoe dan Lacrimosa, forum ini menjadi komunitas VN.) --> bercanda kok!

Dari contoh di atas bisa dilihat kembali bahwa Naoe dan Lacrimosa digunakan sebagai representasi dari keseluruhan orang-orang pengemar VN (HAHAHAHAHA...)

Kesimpulannya, partikel 'to' digunakan untuk menyebutkan kata benda dengan pasti sedangkan partikel 'ya' digunakan hanya untuk memberikan gambaran akan keseluruhan kelompok benda yg ada (misalnya apabila bendanya sangat banyak dan tidak mungkin disebut semua).


Partikel 'de'
Partikel 'de' digunakan untuk menjelaskan suatu konteks kata kerja, misalnya di mana dilakukannya atau dikerjakan menggunakan apa. Lebih mudah dimengerti klo menggunakan contoh:

Ashi de arukidasu. (Berjalan menggunakan kaki).
Kuruma de gakkou ni yuku. (Pergi ke sekolah menggunakan mobil.) --> yuku=iku=pergi.
Jibun de kangae! (Pikirin sendiri!) --> harafiah=Pikirkan oleh diri sendiri!

Dalam Bahasa Indonesia, mungkin lebih mudahnya partikel 'de 'setara dengan konjugasi keterangan pada suatu kalimat (di, dengan, oleh, dan kata penghubung yg sejenisnya).


Partikel 'no'
Partikel yg menurut saya paling sakti diantara partikel-partikel lain. Fungsi utama partikel 'no' adalah menghubungkan kata benda dan memungkinkan kata benda di depan partikel 'no' sebagai keterangan untuk kata benda di belakang partikel 'no'. Seperti biasa, akan lebih mudah klo diberi contoh:

inu no shippo. (ekor anjing) --> anjing menerangkan ekor, sehingga
jelaslah klo ekor itu adalah ekor anjing.
Naoe no pasokon. (komputer Naoe) --> Naoe menjelaskan komputer.
Yonkoukou no seitou no Naoe (Naoe yg murid SMA 4).

Apabila konteksnya sudah jelas, maka kata benda yg diterangkan dapat dihilangkan.

contoh:
kono hon dare no? (Buku ini yg siapa) --> kono=singkatan dari "kore no"
Ore no da. (Yg saya)
*karena konteksnya sudah jelas (hon=buku), maka pada pertanyaan (dare no?) dan jawaban tidak perlu di tambah lagi kata bendanya.*

Yg membuat partikel 'no' sakti adalah kemampuannya untuk mengubah suatu
pernyataan akan keadaan/kata kerja seakan-akan seperti kata benda.

contoh 1:
Taberu no (koto) wa wasureta. (Lupa makan) --> terjemahan literal:Lupa
akan hal tentang makan.

Dari contoh di atas makan seakan-akan berubah menjadi suatu kata benda,
sehingga seakan-akan pula melakukan pekerjaan (makan melakukan lupa). Meskipun begitu, sebenarnya partikel 'no' di atas bisa juga diganti dengan kata 'koto' sebagai konteks bahwa 'taberu' merupakan suatu keadaan.(Yg nulis juga lieur tapinya da udah ngerti...)

Selain itu juga, partikel 'no' dapat digunakan pada kalimat untuk memberikan nada penjelasan.

contoh:
Kurai basho wa kowai no. (Takut dengan tempat gelap.)
Are ga sara na no. (Itu adalah piring.) --> untuk kata benda, sebelum partikel 'no' diberi bunyi 'na'

Partikel 'no' sebagai pemberi nada penjelasan juga biasanya juga ditulis atau dibunyikan 'nda'.

contoh:
Omae wa baka nanda. (Kamu bodoh.) --> kata sifat -na yg bebas (tidak menempel ke kata benda) perlu ditambah 'na' terlebih dahulu sebelum dapat ditambahkan partikel 'no' sebagai nada penjelas.
Sawagashiinda yo! (Ribut tau!)

Karena adanya bunyi 'da' dibelakang dapat menimbulkan kesan yg tegas, jadi biasanya perkataan seperti ini lebih sering dipakai oleh laki-laki.


Last edited by Naoe on Tue Aug 25, 2009 9:18 pm; edited 6 times in total (Reason for editing : Update)
Back to top Go down
View user profile
Tama



Posts : 68
Join date : 2009-06-13
Age : 23
Location : daiGOnoKoukou

PostSubject: Re: Partikel (mungkin bagian awal)   Wed Aug 12, 2009 8:54 pm

Saya juga akan membagi sedikit ilmu ttg partikel.. copas dari forum eskul saya..tapi kayaknya yang ini lebih rumit, ya sudah lah gapapa.
(sebagai gantinya saya copas yang atas juga ke forum eskul saya ya!)

Partikel wa --> は, digunakan buat penanda subject (~~.... adalah.....)
*. watashi wa asa 5 ji ni okimasu
私 は 朝 5 時に 起きます
saya bangun jam 5 pagi.
--> kalo bahasa Indonesia, biasanya pake Subject - Predikat - Object.
--> kalo bahasa jepun, pake Subject - Object - Predikat.

*. Nichiyobi wa tomodachi to Surabaya e ikimashita 
日曜日 は 友達 と スラバヤ へ 行きました
Hari Minggu (telah) pergi ke surabaya dengan teman


Partikel mo も ~~ ..juga... (ato ..pun)
*. kono nimotsu mo onegaishimasu (barang ini juga)
この 荷物 も お願いします

*. watashi mo sonna boshi o sagashite irondesu
(saya juga ingin mencari topi seperti itu)

*. doko [e] mo ikimasendeshita. (Tidak pergi kemana pun/juga)
どこ も 行きませんでした


Partikel no --> の (menyatakan milik../kepunyaan...)
*. kore wa konpyuta no hon desu (ini buku [tentang] komputer)
これ は コンピュタ の 本 です

*. kono kaban wa Budi san no desu (tas milik Budi)
この かばんは Budi さん のです

*. mo sukoshi ooki no wa arimasenka. (sedikit lebih besar dari ini ada?)
もう 少し 大きい の は ありませんか


Partikel o を
--> kalo partikel o, dibelakang partikel o pasti selalu kata kerja.
*. watashi wa jusu o nomimasu (saya minum jus)
私 は ジュス を 飲みます

*. kino kaisha o yasumimashita

*. kono michi o massugu ikuto, eki ga arimasu
この 道 を まっすぐ 行くと 、駅 が あります



Partikel ni --> に
*. watashi wa asa go ji ni okimasu ==> pada jam 5...
私 は 朝 5 時 に 起きます

*. kazoku to tomodachi ni kurisumasu-kado o kakimasu ==> kepada/untuk....
家族 と 友達 に クリスマス カド を 書きます

*. watashi wa kaisha no hito ni hon o karimashita ==> ke/dari....
私 は 会社 の 人 に 本 を 借りました

*. tsukue no ue ni shashin ga arimasu ==> keterangan tempat (diatas meja ....)
机 の 上 に 写真 が あります

*. ashita tomodachi ni aimasu ==> dengan teman ...
明日 友達 に 会います

*. 1 shukan ni ikkai tenisu o shimasu ==> keterangan waktu (dalam 1 minggu..)
1週間 に 1回 テニス を 尾します

*. kyoto e hana mi ni ikimasu ==> untuk melihat ...
京都へ 花 見 に 行きます

*. Kaori chan wa 10 sai ni narimashita ==> menjadi [usia] ....
カオリ ちゃん は 10 歳 に なりました
____________________________________________________________________

Partikel e --> へ ==> biasanya buat menyatakan arah.
*. tomodachi to kyoto e ikimasu
友達 と 京都 へ 行きます

*. ano shingo o migi e magatte kudasai
あの 信号 を 右 へ 曲がって ください
____________________________________________________________________

Partikel de --> で
*. nihon go de repoto o kakimasu ==> dalam bahsa jepang ....
日本 語 で レポト を かきます

*. eki de shinbun o kaimasu ==> di stasiun .....
駅 で 新聞 を 買います

*. watashi wa 1nen de natsu ga ichiban suki desu ==> dalam satu tahun ...
私 は 1年 で 夏 が いちばん 好き です
____________________________________________________________________

Partikel to --> と
*. watashi wa kazoku to nihon e kimashita. ==> dengan keluarga .....
私 は 家族 と 日本 へ 来ました

*. hon-ya wa hana-ya to supa no aida ni arimasu ==> toko bunga dan supa ...
本屋 は 花屋 と スパ の 間 に あります

*. ashita ame ga furu to omoimasu ==> keterangan..
明日 雨 が 降る と 思いs増す
_____________________________________________________________________

Partikel ya --> や --> dan...
*. hako no naka ni furui tegami ya shashin ga arimasu
箱 の 中 に 古い 手紙 や 写真 が あります

____________________________________________________________________

Partikel kara -- made --> から --- まで
*. watashi wa 9ji kara 5ji made hatarakimasu. ==> dari jam 9 sampai jam 5....
私 は 9時 から 5時 まで 働きます

*. watashi no kuni kara nihon made hikoki de 4jikan kakarimasu.
私 の 国 から 日本 まで 飛行機 で 4時間 かかります

*. eki made mukae ni ikimashoka.
駅 まで 迎え に 行きましょうか

Partikel ga -- が
----> fungsi ga disini banyak bgt artinya. Contoh kalimat disini mewakili satu2 arti.
Biasanya subject + kata benda + ga + kata sifat.

*. Watashi wa nihon ryori ga suki desu (saya suka masakan jepang)
私 は 日本 料理 が 好き です

*. asoko ni otoko no hito ga imasu (disana ada [seorang] laki2)
あそこ に 男 の 人 が います
----> buat ngomongin ttg manusia/orang, kata penunjuk biasanya pake kono, sono, ano. kalo pake kore, sore are itu buat benda.
----> Utk benda hidup, selalu pake ...imasu.
benda mati, pake ....arimasu.

*.Soyuzno san wa se ga takai desu. (Soyuz san [badannya] tinggi)
ソユスノ さん は 背 が 高い です

*. Supotsu de sakka ga ichiban omoshiroi desu. ([dalam sport/olahraga] sepakbola paling menarik)
スポツ で サッカ が いちばん おもしろい です

*. ame ga futte imasu ([ada] hujan turun)
雨 が 降って います

*. Budi san ga kaite e wa dore desuka.
Budi さん が かいて 絵 は どれ ですか

*. Dare ga okane o haratte kuremashitaka.
だれ が お金 を はらって くれましたか
Back to top Go down
View user profile
Naoe
IT Staff


Posts : 390
Join date : 2009-08-04
Age : 24
Location : パソコンの前

PostSubject: Re: Partikel (mungkin bagian awal)   Wed Aug 12, 2009 10:49 pm

^tte, sungee na!!! demo nanka, atama ga itakunatta...

BTW, yg diatas semuanya langsung pake bentuk sopan yah... klo saya mah mulai taunya dari bentuk kamus dan bentuk slang (kebayakan nonton anime dan main VN), jadi ajah ancur-ancuran...

good, good job Tama-san!
Back to top Go down
View user profile
Momo
Moderator RP


Posts : 275
Join date : 2009-05-25
Age : 24
Location : bandung

Character sheet
Name: Derrick O. L. Lavine
Dorm: Alatar
Job: Dorm Leader

PostSubject: Re: Partikel (mungkin bagian awal)   Thu Aug 13, 2009 4:02 pm

@^:
tolol!!!!!!!!!!
kenapa contohnya pake lolicon semua heh???!!!!

dasar....
mau ngaku gitu??
=))

@tama: doumo arigatou
silakan copas ke forum anda
kita barter ya!!!
Back to top Go down
View user profile
tomoe hiinano



Posts : 19
Join date : 2009-07-19
Age : 24
Location : Indonesia

PostSubject: Re: Partikel (mungkin bagian awal)   Thu Aug 13, 2009 9:33 pm

hee ...?
lo ..
jdi sbener.n niat klian dsni ngomongin apa to , ya ...?
huu..haa .. ?!
O.oa
Back to top Go down
View user profile http://www.twitter.com/bakkadewaari
Naoe
IT Staff


Posts : 390
Join date : 2009-08-04
Age : 24
Location : パソコンの前

PostSubject: Re: Partikel (mungkin bagian awal)   Thu Aug 13, 2009 10:30 pm

^ngomongi partikel, neng...

BTW yg diatas udah tak tambah dua tentang partikel 'ni' sama partikel 'he'
__________________________________________________________________

Tambah lagi sama penjelasan partikel 'to' sama partikel 'ya'.
__________________________________________________________________

Tambah lagi...
Back to top Go down
View user profile
Sponsored content




PostSubject: Re: Partikel (mungkin bagian awal)   Today at 8:57 am

Back to top Go down
 
Partikel (mungkin bagian awal)
View previous topic View next topic Back to top 
Page 1 of 1

Permissions in this forum:You cannot reply to topics in this forum
SHIKOKU :: Nihongo Section :: Nihongo Jikoshoukai-
Jump to: