SHIKOKU

All About SHIKOKU!!!
 
HomePortalCalendarFAQSearchMemberlistUsergroupsRegisterLog in
Log in
Username:
Password:
Log in automatically: 
:: I forgot my password
Who is online?
In total there are 2 users online :: 0 Registered, 0 Hidden and 2 Guests

None

Most users ever online was 21 on Wed May 12, 2010 10:25 am
Latest topics
» Prada Belt on sale
by cangliang Thu Jan 24, 2013 7:46 am

» Prada Belt on sale
by cangliang Thu Jan 24, 2013 7:45 am

» Gucci New Arrivals
by cangliang Thu Jan 24, 2013 7:44 am

» Gucci-Kollektion von Accessoires
by cangliang Mon Jan 21, 2013 9:35 am

» Gucci Belts On Sale[
by cangliang Mon Jan 21, 2013 9:34 am

» Gucci Belts On Sale
by cangliang Mon Jan 21, 2013 9:32 am

» Günstige Chanel Handtaschen Frauen
by cangliang Wed Jan 16, 2013 8:18 am

» Hermes Evelyn[
by cangliang Wed Jan 16, 2013 8:17 am

» Hermes Bag 2011
by cangliang Wed Jan 16, 2013 8:16 am

Navigation
 Portal
 Index
 Memberlist
 Profile
 FAQ
 Search
Affiliates
free forum
Follow us on TwitterNiji Lima - Ganbarimashou!Clamp-factoryOuran Indo
Azure Life
Al'loggio: Yaoi Daily Life Roleplaying Forum
yami no sekaiImage Hosted by ImageShack.us
Celestial
 

Share | 
 

 Hewan-Hewan yang Dianggap Pembawa Keberuntungan Bagi Orang Jepang

View previous topic View next topic Go down 
AuthorMessage
Kuro
IT Staff


Posts : 148
Join date : 2009-06-08
Age : 24
Location : Bandung (pengen cepet pindah ke manapaun yangpenting jangan di Indonesia)

PostSubject: Hewan-Hewan yang Dianggap Pembawa Keberuntungan Bagi Orang Jepang   Sat Sep 12, 2009 8:45 pm

copas

Walaupun bangsa Jepang terkenal dengan bangsa yang modern. Tetapi nampaknya masyarakat Jepang tidak begitu saja meninggalkan berbagai kepercayaan yang berbau mitos. Banyak dari mereka yang masih percaya dengan jimat atau benda-benda lain yang dianggap membawa keberuntungan. Dalam hal ini saya akan ceritakan beberapa hewan yang oleh masyarakat Jepang dianggap dapat membawa keberuntungan.

1. Kodok

Mungkin tak semua orang suka pada kodok. Bahkan sebagian orang jijik berdekatan dengan makhluk amphibi ini. Bahkan saya ingat ada banyak teman saya yang sangat benci dengan hewan percobaan laboratorium yang satu ini. Namun pemikiran ini berbeda jika kita bicara soal tradisi masyarakat Jepang. Bagi orang Jepang, justru kodok memiliki arti yang khusus, atau bahkan istimewa.

Coba perhatikan aja deh! Cukup banyak karakter lucu yang diangkat menjadi berbagai merchandise yang berasal dari hewan ini kan? Misalnya saja Keroro Gunso atau Kero Keropi. Atau bahkan masih banyak lagi aksesoris imut yang dibuat dari sosok makhluk hijau ini. Ini menunjukkan bahwa orang Jepang bisa menerima, bahkan menyukai karakter kodok tersebut. Mengapa bisa demikian? Ternyata, dalam bahasa Jepang, 'kodok' disebut 'kaeru'. Nah, kata 'kaeru' ini juga dapat berarti 'kembali'.

Berkaitan dengan hal ini, orang Jepang percaya bahwa kodok merupakan hewan pembawa keberuntungan. Selalu membawa (kembali) keberuntungan kepada pemiliknya. Juga bisa bermakna membawa keselamatan dalam perjalanan, membawa kembali barang-barang (jika hilang), 'membawa kembali' uang yang telah kita habiskan. Misalnya, dengan menggunakan strap berupa kodok, maka dipercaya akan membawa keberuntungan kepada pemilik handphone tersebut, dan 'menjaga' agar telepon itu tidak hilang di perjalanan. Atau, kalau kamu punya teman orang Jepang yang ingin melakukan perjalanan jauh, berikan coba deh berikan sebuah aksesoris berbentuk kodok, maka itu dia akan menganggap bahwa kamu mendoakan agar ia selalu beruntung, serta satu waktu nanti akan kembali bertemu denganmu. Nah, kodok ternyata tak selalu menjijikKan 'kan?

2. Kucing


Yang dimaksud kucing di sini mungkin lebih dikhususkan pada sebuah benda/patung berbentuk kucing yang di Jepang disebut "Maneki Neko". Wujud barang ini rasanya sudah tak asing lagi di toko, restoran, wartel dan sebagainya. Sosok seekor kucing yang duduk tegak dengan satu kaki depannya terangkat bak mengajak orang mendekat.

Hampir semua Maneki Neko mengenakan kalung berwarna merah dengan bel kecil menggantung di bagian depannya. Sebenarnya aksesoris ini cukup umum dikenakan pada kucing-kucing peliharaan keluarga bangsawan di jaman Edo. Selain itu, kalung merah dengan bel kecil ini juga sering menghiasi Jizō, patung-patung batu yang umumnya ditempatkan di sekitar kuil dan pemakaman, dan merupakan pelindung anak-anak sakit.

Aksesoris kedua yang kini juga sangat umum adalah kepingan uang kuno, atau koban, yang dipegang si kucing. Satu koban bernilai sekitar satu ryō.Tetapi kini, koban pada patung-patung Maneki Neko umumnya bertuliskan nilai sepuluh juta ryō! Mengingat nilai satu ryō kurang lebih mendekati seribu dolar, bisa dibayangkan harapan orang yang memasang Maneki Neko di tokonya!

Yang menarik lagi, ternyata ada berbagai kisah menarik yang mendorong penggunaan Maneki Neko ini sebagai benda pembawa keberuntungan. Cerita menariknya insyaAllah akan saya tulis dalam postingan berbeda ya...

3. Tanuki


Hewan yang satu ini juga sering dipajang di depan kedai atau restoran. Umumnya patung ini dipasang di depan kedai ramen atau kedai minum. Bentuknya khas, selalu memakai topi jerami, dengan botol sake menggantung di pinggangnya, serta memegang bon tagihan di tangannya. Ukurannya bisa beragam, dari yang kecil hingga yang tingginya sekitar 1 meter. Fungsinya mungkin hampir mirip dengan 'tugas' manekineko — kucing yang selalu berpose melambaikan kaki depan kirinya (atau kanan). Jika manekineko punya makna untuk mengundang datangnya pembeli (baca: uang), maka patung yang satu ini seolah mengajak orang yang lewat di depan kedai untuk mampir dan menikmati ramen atau sekedar minum sake.

Lalu sebenarnya, apa sih makhluk ini? Ia adalah tanuki, sosok hewan yang populer di cerita rakyat Jepang. Dalam mitologi, tanuki dipercaya memiliki kemampuan supranatural untuk berubah wujud menjadi bentuk apapun, termasuk menyerupai manusia! Karakternya digambarkan suka melakukan hal yang kurang baik. Bersama dengan kitsune (rubah), tanuki dianggap sebagai 2 hewan yang ahli merubah penampilannya.

Dalam dunia nyata, tanuki sebenarnya ada. Ia sering dikira sebagai badger atau racoon. Padahal tanuki adalah sejenis anjing yang dapat tumbuh hingga 60 cm panjangnya, dengan ciri khas bulu hitam di bawah matanya. Tanuki hanya hidup di Jepang, Siberia, dan Manchuria. Salah satu film animasi yang mengangkat tanuki jadi karakter utama adalah Pom Poko.
Back to top Go down
View user profile http://www.sman4bdg.sch.id/homepage/x5-0809/
Talithya
Professor


Posts : 165
Join date : 2009-09-24

Character sheet
Name: Kain Averruncus
Dorm:
Job: Professor

PostSubject: Re: Hewan-Hewan yang Dianggap Pembawa Keberuntungan Bagi Orang Jepang   Tue Sep 29, 2009 12:36 pm

@^: Hoo...

Bukannya tanuki tuh yang kayak rubah merah (Vulpes vulpes) ya? Yang dikepalanya ada daun... Trus sih, katanya malah bawa sial ' 'a
Atau aku salah baca ya? --a
Back to top Go down
View user profile
Kuro
IT Staff


Posts : 148
Join date : 2009-06-08
Age : 24
Location : Bandung (pengen cepet pindah ke manapaun yangpenting jangan di Indonesia)

PostSubject: Re: Hewan-Hewan yang Dianggap Pembawa Keberuntungan Bagi Orang Jepang   Fri Oct 02, 2009 7:39 pm

ga tau juga ya...aq cman ccpas klo ga salah ma rubah pake topi jerami masalah sial ato ga aq ga tau...heheh nanti aq update lah...
Back to top Go down
View user profile http://www.sman4bdg.sch.id/homepage/x5-0809/
Sponsored content




PostSubject: Re: Hewan-Hewan yang Dianggap Pembawa Keberuntungan Bagi Orang Jepang   Today at 4:37 pm

Back to top Go down
 
Hewan-Hewan yang Dianggap Pembawa Keberuntungan Bagi Orang Jepang
View previous topic View next topic Back to top 
Page 1 of 1
 Similar topics
-
» Yang Wenli vs Universal
» Yang Zing (Cosmic Dragons) Arrived to TCG!
» Yang Zing Deck
» Yang Zing help
» Yang Zing Anti Meta Skill Deck

Permissions in this forum:You cannot reply to topics in this forum
SHIKOKU :: Nihongo Section :: Nihongo Jikoshoukai :: Japanese Culture-
Jump to: